Minggu, 14 Juni 2015

Tutorial Masker Bengkoang Home Made

Bengkoang! Yey!

          Apa sih yang ada di benak kalian, para ladies, ketika dengar kata “Bengkoang” ? Pasti gak jauh-jauh dari khasiatnya yang bisa mencerahkan, menghaluskan, dan sederet kata lainnya yang berkhasiat bagi kulit.

          Salah satu perhatian terbesar perempuan, apa lagi kalau bukan ke wajah? Cara untuk merawat kesehatan kulit wajah, apalagi kalau bukan menggunakan masker? Terutama masker dari buah-buahan yang kita bikin sendiri, pasti aman dan tanpa bahan kimia berbahaya! Asik, kan, merawat kulit dengan masker racikan sendiri?

Nah, disini, aku bakal bagiin tutorial (yang ku sadur dari blog lain) tentang membuat masker dari Bengkoang. Plus, sedikit testimoni nih, hehe. Langsung aja, yhaaa!

1. Siapkan alat dan bahan : pisau, parutan, mangkok bening dan satu butir Bengkoang berukuran sedang
2.    Kupas kulit Bengkoang, lalu cuci di air bersih. Potong menjadi dua bagian.
3.    Parut Bengkoang yang telah dibelah
4.    Peras hasil parutan tadi hingga mengeluarkan air (sari)
5.    Diamkan air hasil perasan Bengkoang dan tunggu selama satu jam
6.    Lihat, air perasan Bengkoang akan membentuk dua lapisan. Satu, lapisan air (berada di atas) dan endapan perasan (berada di bawah, berwarna putih)
7.    Buang air dan sisakan endapan. Endapan (tepung) inilah yang akan jadi masker pada wajah kita.
8.     Usapkan endapan (tepung) pada wajah dengan merata (kecuali bagian mata dan bibir) dan tunggu selama 20 menit.
9.     Bilas dengan air hingga bersih

Sudah dua kali aku menggunakan masker Bengkoang hasil karyaku sendiri. Dan hasilnya lumayan. Pada saat masker masih nempel di kulit wajah, rasanya kulit wajah jadi dingin, kenyal dan kencang. Setelah disiram, kekencangan tadi akan bertahan selama beberapa saat.
Masalah kecerahannya....aku belum bisa komentar karena ini pemakaian keduaku. Tapi, aku yakinnn pasti cerah kalau kita tekun menggunakan, karena Bengkoang kan sudah di uji ilmiah kalau bisa mencerahkan kulit. Jadi, jangan takut!
Tapi, pada pemakaian pertamaku, kulitku agak gatal, dan besoknya muncul satu jerawat kecil. Mungkin reaksi pertama saja, di pemakaian kedua gak ada masalah apa-apa soalnya. Reaksi seperti itu bergantung, berbeda-beda tiap orang.
Aku memakai masker Bengkoang ini tiap hari Senin dan Kamis, kebanyakan orang menyarankan satu kali dalam seminggu. Tapi, aku ingin bereksperimen (?) dengan memakainya dua kali seminggu. So far sih gak ada masalah (jangan sampeeee), dan bakal terus dilanjutkan sampai kapanpun hingga kulit cerah! Hehe. Sasaran selanjutnya sih kulit tangan, karena sering naik motor jadinya belang dan gelap, huhuhu

          NOTE : Harga Bengkoang : Rp. 5000/kg (Pasar Tambak Wedi, Surabaya, per tanggal 4 Juni 2015)


0 komentar:

Posting Komentar